Minggu, 26 April 2015

Kebangkitan Kristus dan kesaksian Murid Yesus menurut Alkitab

To: Pak Wiyoso

Mohon maaf,  saya menulis langsung tentang penjelasan dari pembicaraan kita beberapa hari yang lalu tentang dua pertanyaan Bapak mengenai Alkitab dan Yesus Kristus.

Pertanyaan 1 :
Tertulis dimana dalam alkitab tentang perjalanan kehidupan Yesus pada usia 12 – 30 Tahun ?
Kok tiba-tiba tampil di usia 30 tahun..?

Jawab:

Pertanyaan tentang hal ini, sudah menjadi pertanyaan banyak orang dan para scholar, Mereka punya banyak versi. Sebenarnya kalau sudah membaca Alkitab secara utuh dan tidak sepotong-sepotong, maka Alkitab sudah menjawab secara jelas alasan mengapa tidak dituliskan sejarah itu secara detail. Perhatikan kutipan saya dibawah ini:

Lukas 1 : 1 - 4
1:1 Teofilus yang mulia, Banyak orang telah berusaha menyusun suatu berita tentang peristiwa-peristiwa yang telah terjadi di antara kita,
1:2 seperti yang disampaikan kepada kita oleh mereka, yang dari semula adalah saksi mata dan pelayan Firman.
1:3 Karena itu, setelah aku menyelidiki segala peristiwa itu dengan seksama dari asal mulanya, aku mengambil keputusan untuk membukukannya dengan teratur bagimu,
1:4 supaya engkau dapat mengetahui, bahwa segala sesuatu yang diajarkan kepadamu sungguh benar.

Terjemahan Bahasa Inggris Sehari-hari
1:1 Dear Theophilus: Many people have done their best to write a report of the things that have taken place among us.
1:2 They wrote what we have been told by those who saw these things from the beginning and who proclaimed the message.
1:3 And so, Your Excellency, because I have carefully studied all these matters from their beginning, I thought it would be good to write an orderly account for you.
1:4 I do this so that you will know the full truth about everything which you have been taught.

Yohanes 21:24-25
21:24 Dialah murid, yang memberi kesaksian tentang semuanya ini dan yang telah menuliskannya dan kita tahu, bahwa kesaksiannya itu benar.
21:25 Masih banyak hal-hal lain lagi yang diperbuat oleh Yesus, tetapi jikalau semuanya itu harus dituliskan satu per satu, maka agaknya dunia ini tidak dapat memuat semua kitab yang harus ditulis itu.
(Yg dimaksud yg memberi kesaksian disini adalah Yohanes Murid Yesus)

Terjemahan Bahasa Inggris Sehari-hari
John 21:24-25
21:24 He is the disciple who spoke of these things, the one who also wrote them down; and we know that what he said is true.
21:25 Now, there are many other things that Jesus did. If they were all written down one by one, I suppose that the whole world could not hold the books that would be written.


Dan lagi : Yohanes 20 :30-31 menjelaskan
20:30 Memang masih banyak tanda lain yang dibuat Yesus di depan mata murid-murid-Nya, yang tidak tercatat dalam kitab ini,
20:31 tetapi semua yang tercantum di sini telah dicatat, supaya kamu percaya, bahwa Yesuslah Mesias, Anak Allah, dan supaya kamu oleh imanmu memperoleh hidup dalam nama-Nya.

Terjemahan Bahasa Inggris Sehari-hari
John 20:30-31
20:30 In his disciples' presence Jesus performed many other miracles which are not written down in this book.
20:31 But these have been written in order that you may believe that Jesus is the Messiah, the Son of God, and that through your faith in him you may have life.

Kemudian Alkitab juga mencatat dalam Lukas 2:51-52:
(51) Lalu Ia pulang bersama-sama mereka ke Nazaret; dan Ia tetap hidup dalam asuhan mereka. Dan ibu-Nya menyimpan semua perkara itu di dalam hatinya.
(52) Dan Yesus makin bertambah besar dan bertambah hikmat-Nya dan besar-Nya, dan makin dikasihi oleh Allah dan manusia.

Dari sisi Budaya dan Tradisi Yahudi
Kalau kita melihat  budaya dan tradisi orang Yahudi/Israel. Sudah sejak zaman dahulu kala; persentase orang buta huruf di Israel sangat rendah. Anak-anak di didik sangat ketat untuk membaca dan menulis serta memahami kitab taurat dan para nabi (Pelajaran wajib bagi anak-anak). Setiap anak-anak Yahudi, selalu berkeinginan/cita-cita untuk menjadi Rabbi. Padahal seleksi untuk menjadi Rabbi (Guru) sangat ketat. Semua anak yg kemampuannya biasa-biasa saja tidak akan jadi rabbi. Sama halnya dengan Yesus ketika masih sangat muda; Yesus berdikusi dengan ahli taurat di bait Allah (Lukas 2 : 41-52).

Anak-anak Israel mulai belajar di sinagoge mulai umur  5 Tahun dengan harapan kelak akan menjadi Rabbi. Kalau sudah usia 14 Tahun rata-rata mereka sudah hafal kitab perjanjian lama. Dan diusia ini anak bisa mengajukan diri untuk menjadi murid dari seorang Rabbi. Kalau sang Rabbi menganggap anak ini pandai, maka dia akan diwawancarai dan di test dengan pertanyaan-pertanyaan yg sulit. Kalau lolos, si anak akan menjadi murid Rabbi. Rabbi hanya mengambil murid satu dua orang saja. Jadi tidak banyak anak yg tercapai impiannya jadi murid.

Apa kata alkitab ?
Lukas 2 : 41-52,Tertulis demikian:
2:41 Tiap-tiap tahun orang tua Yesus pergi ke Yerusalem pada hari raya Paskah.
2:42 Ketika Yesus telah berumur dua belas tahun pergilah mereka ke Yerusalem seperti yang lazim pada hari raya itu.
2:43 Sehabis hari-hari perayaan itu, ketika mereka berjalan pulang, tinggallah Yesus di Yerusalem tanpa diketahui orang tua-Nya.
2:44 Karena mereka menyangka bahwa Ia ada di antara orang-orang seperjalanan mereka, berjalanlah mereka sehari perjalanan jauhnya, lalu mencari Dia di antara kaum keluarga dan kenalan mereka.
2:45 Karena mereka tidak menemukan Dia, kembalilah mereka ke Yerusalem sambil terus mencari Dia.
2:46 Sesudah tiga hari mereka menemukan Dia dalam Bait Allah; Ia sedang duduk di tengah-tengah alim ulama, sambil mendengarkan mereka dan mengajukan pertanyaan-pertanyaan kepada mereka.
2:47 Dan semua orang yang mendengar Dia sangat heran akan kecerdasan-Nya dan segala jawab yang diberikan-Nya.
2:48 Dan ketika orang tua-Nya melihat Dia, tercenganglah mereka, lalu kata ibu-Nya kepada-Nya: "Nak, mengapakah Engkau berbuat demikian terhadap kami? Bapa-Mu dan aku dengan cemas mencari Engkau."
2:49 Jawab-Nya kepada mereka: "Mengapa kamu mencari Aku? Tidakkah kamu tahu, bahwa Aku harus berada di dalam rumah Bapa-Ku?"
2:50 Tetapi mereka tidak mengerti apa yang dikatakan-Nya kepada mereka.
2:51 Lalu Ia pulang bersama-sama mereka ke Nazaret; dan Ia tetap hidup dalam asuhan mereka. Dan ibu-Nya menyimpan semua perkara itu di dalam hatinya.
2:52 Dan Yesus makin bertambah besar dan bertambah hikmat-Nya dan besar-Nya, dan makin dikasihi oleh Allah dan manusia.

Kemudian Alkitab mencatat, tentang awal mulanya Yesus memulai pekerjaan mengajar banyak orang.
Lukas 3 : 23 - 38
3:23 Ketika Yesus memulai pekerjaan-Nya, Ia berumur kira-kira tiga puluh tahun dan menurut anggapan orang, Ia adalah anak Yusuf, anak Eli,……………dst…
3:38 anak Enos, anak Set, anak Adam, anak Allah.




Pertanyaan ke 2
Apakah Yesus benar-benar mati  & bangkit? Kalau benaran bangkit, kenapa tidak ada jasad-Nya, kemana? Bukankah manusia itu kalau bangkit, yg bangkit adalah Rohnya ? Seharusnya Jasadnya Masih ada.

Jawab:
Saya mau katakan: kalau tidak ada kebangkitan dari antara orang mati, gak usah susah-susah hidup bermoral didunia. Hidup dalam dosa aja sekalian, toh juga mati ga ada penghakiman dan gak bangkit lagi. – (* Menurut iman Kristen).

Bagaimana penjelasan para Rasul (Murid-murid) tentang hal ini:
Kisah Para Rasul 2:22, 24 , 32
2:22 Hai orang-orang Israel, dengarlah perkataan ini: Yang aku maksudkan, ialah Yesus dari Nazaret, seorang yang telah ditentukan Allah dan yang dinyatakan kepadamu dengan kekuatan-kekuatan dan mujizat-mujizat dan tanda-tanda yang dilakukan oleh Allah dengan perantaraan Dia di tengah-tengah kamu, seperti yang kamu tahu.
2:24 Tetapi Allah membangkitkan Dia dengan melepaskan Dia dari sengsara maut, karena tidak mungkin Ia tetap berada dalam kuasa maut itu.
2:32 Yesus inilah yang dibangkitkan Allah, dan tentang hal itu kami semua adalah saksi.

Kata “Yesus dari Nazaret” sengaja di Bold + Yellow, untuk menunjukkan identitasnya Yesus. Karna pada masa itu, banyak orang yg bernama yesus, tetapi bukan Kristus – Mesias.

Kisah Para Rasul 10:39,41-42
10:39 Dan kami adalah saksi dari segala sesuatu yang diperbuat-Nya di tanah Yudea maupun di Yerusalem; dan mereka telah membunuh Dia dan menggantung Dia pada kayu salib.
10:40 Yesus itu telah dibangkitkan Allah pada hari yang ketiga, dan Allah berkenan, bahwa Ia menampakkan diri,
10:41 bukan kepada seluruh bangsa, tetapi kepada saksi-saksi, yang sebelumnya telah ditunjuk oleh Allah, yaitu kepada kami yang telah makan dan minum bersama-sama dengan Dia, setelah Ia bangkit dari antara orang mati.
10:42 Dan Ia telah menugaskan kami memberitakan kepada seluruh bangsa dan bersaksi, bahwa Dialah yang ditentukan Allah menjadi Hakim atas orang-orang hidup dan orang-orang mati.
10:43 Tentang Dialah semua nabi bersaksi, bahwa barangsiapa percaya kepada-Nya, ia akan mendapat pengampunan dosa oleh karena nama-Nya."

Kisah Para Rasul 13:30-34,37
13:30 Tetapi Allah membangkitkan Dia dari antara orang mati.
13:31 Dan selama beberapa waktu Ia menampakkan diri kepada mereka yang mengikuti Dia dari Galilea ke Yerusalem. Mereka itulah yang sekarang menjadi saksi-Nya bagi umat ini.
13:32 Dan kami sekarang memberitakan kabar kesukaan kepada kamu, yaitu bahwa janji yang diberikan kepada nenek moyang kita,
13:33 telah digenapi Allah kepada kita, keturunan mereka, dengan membangkitkan Yesus, seperti yang ada tertulis dalam mazmur kedua: Anak-Ku Engkau! Aku telah memperanakkan Engkau pada hari ini.
13:34 Allah telah membangkitkan Dia dari antara orang mati dan Ia tidak akan diserahkan kembali kepada kebinasaan. Hal itu dinyatakan oleh Tuhan dalam firman ini: Aku akan menggenapi kepadamu janji-janji yang kudus yang dapat dipercayai, yang telah Kuberikan kepada Daud.
13:37 Tetapi Yesus, yang dibangkitkan Allah, tidak demikian.

Kisah Para Rasul 17:2-3,31-34
17:2 Seperti biasa Paulus masuk ke rumah ibadat itu. Tiga hari Sabat berturut-turut ia membicarakan dengan mereka bagian-bagian dari Kitab Suci.
17:3 Ia menerangkannya kepada mereka dan menunjukkan, bahwa Mesias harus menderita dan bangkit dari antara orang mati, lalu ia berkata: "Inilah Mesias, yaitu Yesus, yang kuberitakan kepadamu."
17:31 Karena Ia telah menetapkan suatu hari, pada waktu mana Ia dengan adil akan menghakimi dunia oleh seorang yang telah ditentukan-Nya, sesudah Ia memberikan kepada semua orang suatu bukti tentang hal itu dengan membangkitkan Dia dari antara orang mati."
17:32 Ketika mereka mendengar tentang kebangkitan orang mati, maka ada yang mengejek, dan yang lain berkata: "Lain kali saja kami mendengar engkau berbicara tentang hal itu."
17:33 Lalu Paulus pergi meninggalkan mereka.
17:34 Tetapi beberapa orang laki-laki menggabungkan diri dengan dia dan menjadi percaya, di antaranya juga Dionisius, anggota majelis Areopagus, dan seorang perempuan bernama Damaris, dan juga orang-orang lain bersama-sama dengan mereka.


Kebangkitan itu sangat penting. Apa yg tertulis dalam alkitab ? Baca dan bandingkan dengan
1 Korintus 15:14-15
15:14 Tetapi andaikata Kristus tidak dibangkitkan, maka sia-sialah pemberitaan kami dan sia-sialah juga kepercayaan kamu.
15:15 Lebih dari pada itu kami ternyata berdusta terhadap Allah, karena tentang Dia kami katakan, bahwa Ia telah membangkitkan Kristus -- padahal Ia tidak membangkitkan-Nya, kalau andaikata benar, bahwa orang mati tidak dibangkitkan.

Dan satu hal lagi yg paling penting di
 Markus 15:44-45
15:44 Pilatus heran waktu mendengar bahwa Yesus sudah mati. Maka ia memanggil kepala pasukan dan bertanya kepadanya apakah Yesus sudah mati.
15:45 Sesudah didengarnya keterangan kepala pasukan, ia berkenan memberikan mayat itu kepada Yusuf.
15:46 Yusuf pun membeli kain lenan, kemudian ia menurunkan mayat Yesus dari salib dan mengapaninya dengan kain lenan itu. Lalu ia membaringkan Dia di dalam kubur yang digali di dalam bukit batu. Kemudian digulingkannya sebuah batu ke pintu kubur itu.
Artinya: Kalau pasukan Romawi atau Centurion itu berkata orang ini sudah mati, maka itu mati benaran-kesaksiannya benar.

Ketika Alkitab Menjelaskan bahwa kubur kosong (Itu di tulis dalam ke empat injil) yg menjadi saksinya adalah para wanita. Dan lagi lokasi kuburan itu di Yerusalem, jadi sangat gampang mencari pembuktiannya.
Kebangkitan Yesus adalah kebangkitan Roh serta tubuh fisik-Nya; yg telah disaksikan oleh banyak orang.

Sekalipun dilakukan dusta seperti ini:
Matius 28 : 12 - 15
28:12 Dan sesudah berunding dengan tua-tua, mereka mengambil keputusan lalu memberikan sejumlah besar uang kepada serdadu-serdadu itu
28:13 dan berkata: "Kamu harus mengatakan, bahwa murid-murid-Nya datang malam-malam dan mencuri-Nya ketika kamu sedang tidur.
28:14 Dan apabila hal ini kedengaran oleh wali negeri, kami akan berbicara dengan dia, sehingga kamu tidak beroleh kesulitan apa-apa."
28:15 Mereka menerima uang itu dan berbuat seperti yang dipesankan kepada mereka. Dan ceritera ini tersiar di antara orang Yahudi sampai sekarang ini.
Tetap saja, kebangkitan Kristus tidak bisa di rekayasa, tidak bisa di bohongi atau diapa-apain lagi. Yesus tetap sudah bangkit dari antara orang mati.

Bagaimana Alkitab menyaksikan tentang Kebangkitannya ?
Lukas 24:24 –27
24:24 Dan beberapa teman kami telah pergi ke kubur itu dan mendapati, bahwa memang benar yang dikatakan perempuan-perempuan itu, tetapi Dia tidak mereka lihat."
24:25 Lalu Ia berkata kepada mereka: "Hai kamu orang bodoh, betapa lambannya hatimu, sehingga kamu tidak percaya segala sesuatu, yang telah dikatakan para nabi!
24:26 Bukankah Mesias harus menderita semuanya itu untuk masuk ke dalam kemuliaan-Nya?"
24:27 Lalu Ia menjelaskan kepada mereka apa yang tertulis tentang Dia dalam seluruh Kitab Suci, mulai dari kitab-kitab

Lukas 24:33 –34
24:33 Lalu bangunlah mereka dan terus kembali ke Yerusalem. Di situ mereka mendapati kesebelas murid itu. Mereka sedang berkumpul bersama-sama dengan teman-teman mereka.
24:34 Kata mereka itu: "Sesungguhnya Tuhan telah bangkit dan telah menampakkan diri kepada Simon."

Yohanes 20:19-20
20:19 Ketika hari sudah malam pada hari pertama minggu itu berkumpullah murid-murid Yesus di suatu tempat dengan pintu-pintu yang terkunci karena mereka takut kepada orang-orang Yahudi. Pada waktu itu datanglah Yesus dan berdiri di tengah-tengah mereka dan berkata: "Damai sejahtera bagi kamu!"
20:20 Dan sesudah berkata demikian, Ia menunjukkan tangan-Nya dan lambung-Nya kepada mereka. Murid-murid itu bersukacita ketika mereka melihat Tuhan.

Dan disaksikan oleh lebih dari 500 orang (1 Korintus 15:3-8)-Rasul Paulus
15:3 Sebab yang sangat penting telah kusampaikan kepadamu, yaitu apa yang telah kuterima sendiri, ialah bahwa Kristus telah mati karena dosa-dosa kita, sesuai dengan Kitab Suci,
15:4 bahwa Ia telah dikuburkan, dan bahwa Ia telah dibangkitkan, pada hari yang ketiga, sesuai dengan Kitab Suci;
15:5 bahwa Ia telah menampakkan diri kepada Kefas dan kemudian kepada kedua belas murid-Nya.
15:6 Sesudah itu Ia menampakkan diri kepada lebih dari lima ratus saudara sekaligus; kebanyakan dari mereka masih hidup sampai sekarang, tetapi beberapa di antaranya telah meninggal.
15:7 Selanjutnya Ia menampakkan diri kepada Yakobus, kemudian kepada semua rasul.
15:8 Dan yang paling akhir dari semuanya Ia menampakkan diri juga kepadaku, sama seperti kepada anak yang lahir sebelum waktunya.

Akhirnya saya mau simpulkan, dan katakan :
Kalau ada yg menyangkal dan menyatakan, bahwa Alkitab itu sudah tidak ASLI. Tentunya sebagai orang waras, kita akan menelusuri; kalau ada yang PALSU, berarti ada yang ASLI. Nah pertanyaannya, ke asliannya atau palsunya seperti apa, dan disimpan dimana kitab aslinya? Sampai detik ini belum ada satupun yg bisa membuktikan dan menunjukkan bahwa Alkitab itu PALSU, isinya sudah tiak murni. Isi terjemahan dalam berbagai bahasa, bisa di bandingkan dari terjemahkan dalam text asli bahasa Ibrani.
Alasan murid-murid menulis adalah untuk memberi  kesaksian tentang Yesus. Kebangkitan Yesus itulah yg menjadi pondasi iman Kristen dibangun.
Banyak orang yg sudah membaca tentang inijil, tetapi saya mau katakan bahwa membaca saja tidak menjadi solusi untuk mengenal dan percaya tentang kesaksian Alkitab.
Seperti yang dituliskan oleh LUKAS dalam Kisah Para Rasul 8:26-40
8:26 Kemudian berkatalah seorang malaikat Tuhan kepada Filipus, katanya: "Bangunlah dan berangkatlah ke sebelah selatan, menurut jalan yang turun dari Yerusalem ke Gaza." Jalan itu jalan yang sunyi.
8:27 Lalu berangkatlah Filipus. Adalah seorang Etiopia, seorang sida-sida, pembesar dan kepala perbendaharaan Sri Kandake, ratu negeri Etiopia, yang pergi ke Yerusalem untuk beribadah.
8:28 Sekarang orang itu sedang dalam perjalanan pulang dan duduk dalam keretanya sambil membaca kitab nabi Yesaya.
8:29 Lalu kata Roh kepada Filipus: "Pergilah ke situ dan dekatilah kereta itu!"
8:30 Filipus segera ke situ dan mendengar sida-sida itu sedang membaca kitab nabi Yesaya. Kata Filipus: "Mengertikah tuan apa yang tuan baca itu?"
8:31 Jawabnya: "Bagaimanakah aku dapat mengerti, kalau tidak ada yang membimbing aku?" Lalu ia meminta Filipus naik dan duduk di sampingnya.
8:32 Nas yang dibacanya itu berbunyi seperti berikut: Seperti seekor domba Ia dibawa ke pembantaian; dan seperti anak domba yang kelu di depan orang yang menggunting bulunya, demikianlah Ia tidak membuka mulut-Nya.
8:33 Dalam kehinaan-Nya berlangsunglah hukuman-Nya; siapakah yang akan menceriterakan asal usul-Nya? Sebab nyawa-Nya diambil dari bumi.
8:34 Maka kata sida-sida itu kepada Filipus: "Aku bertanya kepadamu, tentang siapakah nabi berkata demikian? Tentang dirinya sendiri atau tentang orang lain?"
8:35 Maka mulailah Filipus berbicara dan bertolak dari nas itu ia memberitakan Injil Yesus kepadanya.
8:36 Mereka melanjutkan perjalanan mereka, dan tiba di suatu tempat yang ada air. Lalu kata sida-sida itu: "Lihat, di situ ada air; apakah halangannya, jika aku dibaptis?"
8:37 [Sahut Filipus: "Jika tuan percaya dengan segenap hati, boleh." Jawabnya: "Aku percaya, bahwa Yesus Kristus adalah Anak Allah."]
8:38 Lalu orang Etiopia itu menyuruh menghentikan kereta itu, dan keduanya turun ke dalam air, baik Filipus maupun sida-sida itu, dan Filipus membaptis dia.
8:39 Dan setelah mereka keluar dari air, Roh Tuhan tiba-tiba melarikan Filipus dan sida-sida itu tidak melihatnya lagi. Ia meneruskan perjalanannya dengan sukacita.
8:40 Tetapi ternyata Filipus ada di Asdod. Ia berjalan melalui daerah itu dan memberitakan Injil di semua kota sampai ia tiba di Kaisarea.


Semoga bermafaat, dan membantu serta menjawab pertanyaan Bapak mengenai Alkitab dan Yesus Kristus.
Biarlah damai sejahtra dari Allah, yg jauh melebihi akal pikiran manusia, kiranya itu yg akan memberikan hikmat dan menjadikan rhema dalam kehidupan kita.

Karna keterbatasan saya; bisa bertanya lebih banyak, dan berdiskusi dengan Teman saya.
namanya Hendro Nugroho, Tinggal di USA. Pin BB 269B96B9 atau Pin BB 76796AF4

Untuk meyakinkan tentang sejarah Alkitab: ada link yg bisa mencatat tentang sejarah penulisan Alkitab, dan banyak hal disajikan dalam link ini:
http://id.m.wikipedia.org/wiki/Alkitab


Tuhan Yesus memberkati,
Salam,

Junius Zendrato

Tidak ada komentar:

Posting Komentar