Rabu, 28 Maret 2012

Berharga dimata Tuhan

Bacaan alkitab: Mazmur 8:1-10


Pemazmur berkata: Apakah manusia, sehingga Engkau mengingatnya? Apakah anak manusia, sehingga Engkau mengindahkannya? Namun Engkau telah membuat hampir sama seperti Allah, dan telah memahkotainya dengan kemuliaan dan hormat.
Engkau membuat dia berkuasa atas buatan tanganMu; segala-galanya Kau letakkan dibawah kakinya:....(Mzm 8:5-7)

Kalau mengingat-ingat masa lalu, sebelum mengerti kebenaran firman Tuhan/sebelum percaya Tuhan Yesus, kadang terlintas dalam pikiranku betapa bodohnya diriku saat itu, yg tidak bisa menerima diri sendiri dan harus menjadi diri orang lain; alias meniru-niru kepribadian orang lain.
Kebenaran firman Tuhan dalam mazmur 8 ini; sungguh membuatku semakin mengerti bahwa "Hidupku dan hidupmu berharga dimata Tuhan". Ada beberapa alasan kalau manusia itu berharga dimata Tuhan:
(1) Tuhan selalu mengingat manusia (Ayat5): Kalau kita memperhatikan kemajuan technologi yg semakin canggih dan modern, manusia bisa menciptakan banyak hal yg hampir sama seperti ciptaan Tuhan; kecuali memberi nafas kehidupan, namun bukan hal itu yg membuat Tuhan selalu ingat dengan manusia. Tetapi manusia yg diciptakan dari mulanya telah diperlengkapi dengan hikmat, pikiran dan pengetahuan. Bahkan ketika jatuh dalam dosa sekalipun, Tuhan katakan engkau berharga dimataku, aku telah menebus engkau dengan darah yg mahal dan harganya telah lunas dibayar. Bandingkan dengan Yesaya 1:18.
(2) Tuhan mengindahkan manusia (Ayat6). Engkau telah membuat hampir sama seperti Allah, dan telah memahkotainya dengan kemuliaan dan hormat (mzm 8:6). Manusia yg diciptakan serupa dan segambar dengan Allah, seharusnya bersyukur karna tidak sama dengan ciptaan yg lain. Namun hal ini sering kita lupakan karna tidak menghargai karya Allah yg sangat luar biasa itu. Bayangkan saja kalau misalnya pagi-pagi kita tidak bisa bangun tidak bisa bernafas, trus kita protes sama Tuhan: " Tuhan, kenapa saya gak dikasi nafas pagi ini..? TUHAN bilang, Sorry lupa, gak ingat...!!" Tapi Tuhan tidak pernah berlaku seperti itu, Dia selalu mengindahkan manusia.
(3) Tuhan menjadikan manusia sebagai penguasa (Ayat 7). Ada satu keunikan yang sungguh luar bisa yang Tuhan berikan kepada manusia yaitu, diberikan kuasa atas segala ciptaan Tuhan untuk menjaga dan memelihara. Gak kebayang, kalau segala kuasa itu diberikan kepada binatang buas...!

Renungan:
Sadari bahwa kita berharga dimata Tuhan, kita punya tugas dan tanggung jawab sebagai makhluk ciptaan yg unik, hargai karya Tuhan, dan ingat bahwa Tuhan menerima kita apa adanya, namun tidak membiarkan kita hidup apa adanya.

Terpujilah nama Tuhan kita Yesus Kristus, Amin.
Tuhan memberkati.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar