Sabtu, 04 Februari 2012

Melayani, melayani, dan melayani

Janganlah hendaknya kerajinanmu kendor, biarlah Rohmu menyala-nyala dan layanilah Tuhan
(Roma 12 : 11)


Beberapa tahun yang silam, kami mengadakan acara retreat pemuda/i didaerah puncak-Bogor, kala itu saya  masih melayani disebuah gereja di daerah bekasi, Ayat firman Tuhan diatas menjadi tema pilihan untuk acara tersebut. Sekembalinya dari acara retreat;  semua pemuda/i yg ikut retreat pulang dari puncak dengan wajah yg berseri-seri, dengan semangat yg baru, komitmen yg baru yaitu "MELAYANI". Dan bukan hanya itu saja, semakin banyak jiwa-jiwa baru; yg datang beribadah di gereja. Setelah berjalan beberapa bulan, mulailah ........satu persatu mulai berguguran dan menghilang dari pelayanan, api pelayanan yg tadinya menyala-nyala, sudah mulai redup......!!

Yang dimaksudkan didalam Roma 12:11 "Janganlah hendaknya kerajinanmu kendor, biarlah Rohmu menyala-nyala dan layanilah Tuhan" bukan seseorang yg pada awalnya bertobat, kemudian melayani dengan bagus/baik; tetapi pada AKHIRNYA memiliki kualitas hidup yg tidak menjadi berkat bagi diri sendiri dan bagi orang lain, tidak setia untuk melayani pekerjaan Tuhan.

Saya merenungkan kembali; kenapa ya, teman-teman sepelayanan ini pada gugur ditengah jalan? Ternyata ada beberapa faktor penyebabnya:
(1) Beberapa diantaranya mulai kehilangan tujuan dari rencana Allah. Artinya sudah tidak lagi fokus pada tujuan Allah untuk mengerjakan pekerjaan Tuhan dan  mengerjakan karya keselamatan yg Tuhan berikan. (2) Mulai kehilangan hubungan yg harmonis dengan Tuhan; hubungan pribadi dengan Tuhan dalam persekutuan mulai berkurang bahkan nyaris hilang, sudah tidak semangat lagi untuk berdoa, baca alkitab dah gak doyan.

RENUNGAN: Allah ingin setiap kita tetap giat untuk melayani pekerjaan Tuhan dan bukan hanya sekedar mencintai pekerjaan Tuhan. Kalau sudah mulai lemah, yuk.. bangkit lagi dan layanilah Tuhan. Semangat, semangat, semangat....!!!

Janganlah kita menjauhkan diri dari pertemuan-pertemuan ibadah kita,
seperti dibiasakan oleh beberapa orang, tetapi marilah kita saling menasehati,
 dan semakin giat melakukannya menjelang hari Tuhan yg mendekat.
Ibrani 10 : 25

Tidak ada komentar:

Posting Komentar